Skip to main content

Tutorial Laravel 1 : Pengertian dan Tutorial Install Laravel

Assamualaikum


Pada waktu kali ini kita akan membahas tentang laravel dan bagaimana cara penginstalannya.

LARAVEL 1 : Pengertian dan Tutorial Install Laravel

-Pengertian-

Laravel adalah kerangka kerja aplikasi web berbasis PHP yang sumber terbuka, menggunakan konsep model view controller. Laravel berada dibawah lisensi MIT, dengan menggunakan GitHub sebagai tempat berbagi kode. Sama seperti halnya codeigniter jika teman-teman sudah pernah mendengar tentang codeigneter, laravel dan codeigneter sama-sama merupakan framework atau kerangka kerja PHP yang dibuat untuk mempermudah para developer atau programmer dalam membangun sistem/aplikasi yang berukuran kecil bahkan yang berskala besar. 
Laravel dibuat oleh Taylor otwell dan saat ini laravel menjadi salah satu framework PHP yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. laravel menggunakan metode MVC (Model, View, Controller), MVC yaitu suatu metode untuk memisahkan bagian-bagian web aplikasi.

MVC

Model biasanya bagian yang berurusan dengan database
View adalah bagian antar muka atau bagian depan aplikasi, segala sesuatu yang diproses dalam sistem akan di tampilkan dalam view.
Controller adalah bagian yang menangani atau mengenengahi antar model dan view yang berperan sebagai pengendali dari sebuah sistem.



-Cara Install Laravel-


1. pastikan kita sudah menginstall composer, jika belum bisa dilihat pada tutorial berikut  Tutorial Installasi Composer.
2. Jika sudah menginstall composer kemudian buka command prompt (CMD).
3. Jika sudah masuk ke CMD kita masuk ke folder dimana kita menempatkan project laravel yang ingin kita buat, Sebagai contoh saya masuk ke folder htdocs.  perintahnya sebagai berikut "cd C:/xampp/htdocs".
4. Jika sudah masuk ke folder htdocs pada CMD ketikkan perintah berikut untuk menginstall laravel "composer create-project --prefer-dist laravel/laravel laravel_viery" dan tunggu sampai prosesnya selesai. Butuh beberapa menit untuk proses instalasi laravel selesai jadi mohon bersabar gaes.
Keterangan :
  • Create-project : perintah untuk membuat project baru
  • --prefer-dist : Untuk memerintahkan download laravel versi yang di rekomendasikan atau stabil (terbaru).
  • laravel_viery : nama project laravel yang ingin kita buat.
5. Jika sudah tampilan pada CMD akan seperti pada gambar di bawah ini.

Nah sekarang kita sudah mempunyai folder project kita. Jika kita ingin mengakses project kita pertama kita masuk ke folder kita dengan mengetikkan perintah "cd laravel_viery
dan ketik lagi "php artisan serve". sebelum mengakses php artisan serve kita masuk ke folder penginstallan projek tadi.

Setelah kita memasukkan perintah php artisan serve pada cmd muncul alamat IP 127.0.0.1:8000. yang artinya server development laravel sudah di buat dan bisa di akses pada localhost dengan menggunakan port 8000.
Ketika kita ingin menjalankan project laravel kita pastikan PHP artisan serve tidak di nonaktifkan atau CMD tidak di keluarkan, jika keluar dari CMD maka kita tidak bisa mengakses project laravel kita. 
Jika ingin mengakses project kita buka browser dan ketikkan localhost:8000 atau 127.0.0.1:8000
Nah penginstallan laravel telah selesai.
Semoga artikel blog ini bisa membantu anda, Terimakasih
Wassalamualaikum
   


Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pemberontakan-pemberontakan Yang Terjadi Setelah Indonesia Merdeka

Assalamualaikum Pada saat kali ini saya akan membahas tentang pemberontakan yang terjadi setelah Indonesia merdeka pada tahun 17 Agustus 1945. Banyak berbagai pemberontakan yang terjadi bahkan setelah Indonesia merdeka salah satunya seperti Peristiwa Madiun, Peristiwa APRA, Peristiwa RMS, dan masih banyak lagi. Untuk itu saya akan membahas secara ringkas tentang berbagai bentuk pemberontakan yang terjadi setelah Indonesia merdeka. 1. Peristiwa Madiun, 18 September 1948 Peristiwa Madiun ini dibawah pimpinan Moeso yang baru kembali dari Moskow, Rusia. Aliran kiri itu (Komunis) itu merebut Madiun dan memproklamasikan "Sovyet Republik Indonesia". Namun mereka dapat ditumpas TNI. 2. Pemberontakan Kartosuwiryo, 19 Desember 1948 Peristiwa ini terjadi di Jawa Barat, yang dilakukan oleh pasukan Darul Islam di bawah pimpinan Kartosuwiryo. Namun mereka dapat dihancurkan oleh pasukan Divisi Siliwangi. 3. Peristiwa APRA di Bandung, 23 Januari 1950 Apa itu APRA ?, APRA merupaka

Jual Template Blog by Maz Viery

Assalamualaikum Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sebuah template blog kepada teman-teman. Tapi template ini bisa anda dapatkan secara online dengan pengiriman online, bisa email atau sosial media lain. Dan tentu saja template blog saya kali ini tidak saya bagikan secara gratis, hanya dengan Rp 50.000 anda bisa mendapatkan template blog seperti pada halaman blog catatanviery.blogspot.com dan anda dapat request untuk mengganti tulisan/background kepada saya. Contoh template blog by Maz Viery Jika anda berminat anda bisa hubungi saya melalui form yang tersedia pada blog saya atau anda bisa hubungi nomor whatsapp  wa.me/62895638069206 dan anda bisa hubungi saya melalui Instagram di @viery.business Semoga pembahasan kali ini bisa bermanfaat. Sekian terimakasih Wassalamualikum 

Contoh Dialog Bahasa Inggris tentang Covid-19

  Essay on Assignment of Offering Help Helping each other in the midst of the Covid-19 pandemic   Maz : Hello viery how are you? Viery : hello I'm fine you? Maz : yes, i'm fine too, Speaking of covid-19, how do you respond to the current pandemic? Viery : wow the covid-19 case is increasing but apart from that the cure rate is also increasing. Maz : Are there any cases of Covid-19 in your area? Viery : yes, here there, people who are exposed to the covid-19 virus do self-quarantine for 14 days at home. Maz : wow it is very surprising, covid-19 has occurred throughout the world, hundreds of thousands of people are affected by this virus, the medical personnel who treat all exposed patients must work extra hard. Viery : Yes, that's right, working all day and wearing thick and covered clothes during the day must be very hard and there are so many patients that must be treated, the number of patients is clearly not comparable with the number of medical perso